Kreatif melalui “Scamper”

SCAMPER

(Cara Dalam Meningkatkan Produk dan Layanan)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Setiap orang tuch diciptakan dengan berbagai keahlian tertentu. Ada orang yang kretif dan ada juga yang kurang kreatif. Yaa…contohnya,,bisa dibilang aq sendiri.. hahahahaa…apa bener tuch,,aq juga kurang paham. Nah,,ada salah satu cara yang mampu menggugah kekreatifan kita untuk membuat hal-hal yang baru. Seperti yang diberitahukan oleh dosen saya,,klo kita mau kreatif maka pelajarilah tentang “Mind Tools”. Eh gak taunya,,aq ma tmn2 yang laen dapat tugas untuk membahas ”Scamper”. Aduuuuhh,,apa’an tuchh???

Adakah dari kalian yang tau Scamper itu apa?? aku aja ru tau kok,,hehehehe…

Ternyata setelah dibaca,,Scamper merupakan checklist yang dapat membantu kita untuk membuat sesuatu yang baru dengan berdasar pada produk yang sudah ada. Yaaa,,mungkin bisa dibilang,,,penginovasian gitu deh kalo dari pemahamanku… Dan,,

Pada dasarnya singkatan dari Scamper adalah sebagai berikut:

S = Pengganti – mengganti dengan komponen, bahan, orang – orang

C = Kombinasi – dengan cara menggabungkan pada benda lainatau hal-hal lain.

A = Adaptasi – dengan mengubah fungsi

M = Modif – ingin menambah atau mengurangi dalam skala(warna) atau bentuk,dll

P = pasang dengan menggunakan yang lainnya.

E = menghilangkan, menyederhanakan, mengurangi fungsional inti

R = reserve,

Contoh Scamper ini biasanya bisa datang pada kehidupan di sekitar kita sehari – hari. Misalnya aja anda membayangkan sebagai produsen mur dan baut, dan anda sedang mencari produk baru. Maka Scamper akan member anda :

Untuk bahan pengganti – menggunakan material berteknologi tinggi seperti baja, serat karbon,plastic,kaca,dll

Untuk campuran – mengintegrasikan mur dan baut, baut dan mesin cuci, baut dan kunci.

Untuk beradaptasi – menempatkan kepala atau star di baut

Untuk modifikasi – menghasilkan baut untuk arloji atau jembatan, menghasilkan baut berbentuk yang berbeda,misalnya berwarna merah.

Untuk masukan yang digunakan – baut sebagai engsel pin, seperti as roda.

Untuk hilangkan – misalnya dengan mesin cuci, kepala, benang

Untuk reserve – membuat mati serta baut, membuat baut yang memotong benang untuk dirinya sendiri

Setelah kita memahami Scamper,, maka apabila kita ada produk dapat membantu kita dalam menentukan kemungkinan produk baru. Banyak hal-hal yang kita kreasikan yang mungkin belum sempurna atau tidak mungkin sesuai dengan peralatan yang digunakan oleh produsen. Namun dengan kita mengikuti cara ini akan menemukan produk baru. Maka,,monggooooo…..kita berkreasi sebanyak mungkin……!!!!!! Lanjutkan!! ( ^_^ )

Singkat kata:

Scamper adalah singkatan dari pengganti,kombinasikan,adaptasi,modifikasi,memasangkan pada penggunaan lainnya, menghilangkan, membalikkan. Ini merupakan sebuah daftar perubahan yang ada bisa membuat yang ada produk dan layanan untuk membuka peluang baru.

 

Wasalam…

Posted in Uncategorized | Leave a comment

STIE Malangkucecwara Quuuu. . . .

Ini awal kisahku untuk melanjutkan perjuangan sebagai seorang anak yang harus berbakti kepada kedua orang tuanya dengan cara menimba ilmu setinggi-tingginya.

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan, aku tidak langsung melanjutkan kuliah yang sebenarnya pengen langsung ce…karena jujur dananya untuk melanjutkan kuliahku nantinya masih belum ada. Yaaaa,,,maksudnya aku baru bisa kuliah kalau kakakku sudah lulus kuliah dulu. Sembilan bulan lamanya (kayak hamil aja, hehehe…),, aku bekerja di catering yang dulunya tempat magangku sewaktu masih sekolah. Namun setelah itu, kakakku lulus dari kuliahnya, aku langsung disuruh sama kedua orang tua beserta saudara-saudaraku untuk mencari-cari informasi tentang universitas mana yang ingin aku tempati nantinya. Aku pikir-pikir untuk kuliah di universitas ini (tiiiiiiiiitttttt…rahasia!!!) sepertinya sulit karena pastinya banyak sekali saingannya, namun aku tetap mencoba trus. HAJAR dah!!!! Setelah mengikuti ujian SPMB dan hasilnya diumumkan eehhh,,tidak tahunya liat-liat dan diamati aku tidak masuk di universitas yang aku minati. Huhft!! kecewanya aku… tapi tidak apa-apa,, aku yakin pasti masih banyak kampus-kampus lainnya yang tidak kalah hebatnya dengan kampus-kampus yang sebelumnya aku inginkan.

Dulunya aku tau kampus yang sekarang aku tempati buat persinggahanku buat menuntut ilmu yaitu diberitahu sama tetanggaku yang juga kuliah disitu. Mbaknya bilang kalau kampusnya asyik kok gak kalah deh ma yang lainnya. Fasilitasnya juga lengkap. Namun jurusannya yang tersedia cuma 2 jurusan aja yaitu akuntansi sama manajemen tokk. Tapi kalau manajemennya masih dibagi lagi yaitu ada manajemen pemasaran,MSDM,keuangan dan perbankan. Yaa lumayan banyaklahhh,,,, Awalnya ce orang tua menyarankanku untuk nerusin ke jurusan tata boga lagi tapi yaa kayaknya aku pengen nyoba buat tau bidang-bidang yang lainnya soalnya aku selain suka masak juga suka yang berbau-bau perhitungan deh. Setelah diobrolin dalam-dalam,,akhirnya aku mendaftar di Kampuz ABM nie yang sekarang bernama STIE Malangkucecwara Malang (keren abiz dah namanya….!!!). Semua yang dibutuhin buat mendaftar sudah beres,untuk selanjutnya go to ABM wez. Aku mendaftar dengan mengambil jurusan manejemen. Wah!! deg-degan banget. Aku pertama tahu kampuz ABM liatnya ngerasa heran banget gitu, nie kampuz atau hotel ce kok sejuknya (gak nyambung deh???). Tapi aku akui kok bagus banget kampusnya. Aku suka Juga karena banyak pohon-pohonnya lho, kan jadi sejuk… kuliah juga gak krasa panas pastinya yaa walau masih ada panasnya ce. Yang bikin seru juga, gedungnya tuh??? Banyak, kan aku jadi bingung. Tapi seneng kok… Wez pokoknya mantap dah!! Padahal itu aku masih mulai mendaftar tuh belum kalau udah jadi kuliah disitu pasti banyak yang diutarakan soal ABM. Soalnya gak bisa diutarakan dengan kata-kata dah.

Akhirnya aku diterima dikampus ini, asyikkk…. Awal masuk kampus dah disuruh ikut OSPEK, wauw,,takut… Yang pastinya ntar bakal disuruh ngapain-ngapain deh..tapi gak papa2. Anak-anak yang kuliah disana ya lumayan kebanyakan anak-anak??? (tiiiitt….disensor). Kita juga waktu OSPEK itu diperkenalkan tentang kampus ABM itu sendiri gimana ce,,diajari lagu-lagunya yang diciptain sendiri oleh dosen-dosen disini. Lucu…….tapi juga malu-malu gimana gitu. Hahaha… tapi aku angkat jempol deh buat dosen-dosennya yang bisa nyiptain lagunya buat kampus ABM tercinta. Waktu perkenalan kampus,kita diajak keliling kampus. Wez pokoknya model-modelnya menjelajahi seluruh seluk beluk kampuz, kecuali yang penting-penting tu y gak dikasih tau lah. Gedungnya semuanya maksimal tingkat 3 dan yang biasanya sering dibuat ruang untuk perkuliahan yaitu gedung K,L,I,M dan ada ce gedung-gedung lainnya. Nah,,bagusnya ABM itu loh gedungnya banyak banget (Lebay.com) dan hijau pula kan membuat mahasiswa bisa betah sewaktu kuliah. Menurutku,,ABM terkenal dengan tamannya itu. Hijau banget,gak ada yang menandingi lha udah kayak hotel aja malah gak seperti kampus tapi itu yang buat aku betah kuliah disana.

Nahh,,setelah aku menjalani perkuliahan sampai saat ini yang dibenak pikiranku adalah aku bersyukur sekali bisa kuliah dikampus ini. Kampusnya semakin hari semakin mampu menunjukan kehebatanya dalam hal fasilitas karena banyak yang ditawarkan oleh ABM yaitu yang sekarang ini lagi digandrungi ma mahasiswanya yaitu Futsal karena ABM menyediakan fasilitas lapangannya. Keren kan….????? walau aku gak pernah maen ce tapi aku da ikut bangga kok, boleh donk… ada tempat buat fitness pula serta cafe yang terjamah. Tapi gak papa,,aku masih menyukai kok.

Dosen-dosennya juga ramah sekali, semua karyawan yang bekerja disana baek-baek. Pimpinan ABM juga ramah banget, cantik dan hebat pula.

Itu lah kesan-kesan yang aku bisa utarakan buat kampus ABM tercintaku.Yaa,,mungkin masih banyak lagi ce yang bisa diutarakan tapi sekarang lagi buntu pikirannya jadi hanya bisa ini aja. Yang jelas,,,kampus STIE Malangkucecwara Malang,,TOP Abiz dah!!!!!!!!!!!!!!!

I Like it……….(itu katanya rianti,,hahahaha….)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Posted in Uncategorized | 1 Comment